sambutan


SAMBUTAN KETUA MABIRAN GERAKAN PRAMUKA CIMALAKA PADA UPACARA PENUTUPAN

PERKEMAHAN PERINGATAN HARI PRAMUKA KE 51 TAHUN 2012

 

YANG TERHORMAT,

KAKAK-KAKAK PENGURUS MABIRAN GERAKAN PRAMUKA CIMALAKA,

KAKAK-KAKAK PENGURUS KWARRAN GERAKAN PRAMUKA CIMALAKA,

KAKAK-KAKAK MABIGUS SE-KWARRAN  CIMALAKA,

KAKAK-KAKAK PEMBINA GUGUSDEPAN SE-KWARRAN CIMALAKA,

KAKAK-KAKAK PELATIH DAN INSTRUKTUR SE-KWARRAN CIMALAKA,

ADIK-ADIK PRAMUKA YANG SAYA BANGGAKAN,

DAN HADIRIN SEKALIAN

 

ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH, SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA, SALAM PRAMUKA,

 

MARILAH KITA BERSAMA-SAMA MEMANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT TUHAN YANG MAHA KUASA, KARENA BERKAT RAHMAT DAN HIDAYAH-NYA KITA DAPAT BERKUMPUL BERSAMA PADA HARI INI DALAM KEADAAN SEHAT WALAFIAT UNTUK MEMPERINGATI HARI PRAMUKA KE 51 DALAM KEGIATAN PERKEMAHAN LOMBA TINGKAT II DAN RAIMUNA TINGKAT KWARTIR RANTING CIMALAKA YANG SEKALIGUS MEMPERINGATI 100 TAHUN MASUKNYA GERAKAN KEPANDUAN KE INDONESIA PADA TAHUN 1912. SEMOGA PERKEMAHAN PERINGATAN HARI PRAMUKA KALI INI DAPAT MENDORONG PERKEMBANGAN DAN KEMANDIRIAN GERAKAN PRAMUKA UNTUK MEMPERCEPAT KEBERHASILAN DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER KAUM MUDA YANG BAIK, SERTA SEBAGAI CALON PEMIMPIN BANGSA YANG HANDAL PADA MASA DEPAN.

GERAKAN PRAMUKA TETAP RELEVAN DENGAN PERKEMBANGAN ZAMAN. WALAUPUN ERA GLOBALISASI ITU PENUH DENGAN KEMAJUAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI, AKAN TETAPI MANUSIA TETAP MERUPAKAN FAKTOR PENENTU YANG PALING UTAMA. UNTUK ITULAH, KITA INGIN MEMBANGUN MANUSIA YANG MEMILIKI KARAKTER, MEMBANGUN BANGSA YANG MEMILIKI WATAK YANG KUAT. BUKAN HANYA MANUSIA ATAU PEMUDA CERDAS YANG MENGUASAI ILMU PENGETAHUAN, AKAN TETAPI JUGA PEMUDA YANG TANGGUH KEPRIBADIANNYA, YANG LUHUR BUDI PEKERTINYA, SERTA GENERASI MUDA YANG RUKUN, DAN KOMPAK BERSATU. KARENA PEMUDA DEMIKIANLAH, YANG AKAN SANGGUP MENGHADAPI TANTANGAN GLOBALISASI, SANGGUP MENGHADAPI BERBAGAI PERSOALAN DI NEGERI INI, DAN SANGGUP UNTUK MENATAP MASA DEPAN DENGAN LEBIH BAIK.

          UNDANG-UNDANG GERAKAN PRAMUKA PASAL 11 MENYEBUTKAN BAHWA PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERMASUK DALAM JALUR PENDIDIKAN NON FORMAL SEBAGAI SALAH SATU PILAR DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL YANG DIPERKAYA DENGAN PENDIDIKAN NILAI-NILAI GERAKAN PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN YANG BERAKHLAK MULIA, BERJIWA PATRIOTIK, TAAT HUKUM, DISIPLIN, MENJUNJUNG TINGGI NILAI-NILAI LUHUR BANGSA DAN MEMILIKI KECAKAPAN HIDUP. UNTUK ITULAH, PENTINGNYA PENGHAYATAN DAN PENGAMALAN TRI SATYA DAN DASA DARMA PRAMUKA BAGI SEGENAP ANGGOTA PRAMUKA.

ADIK-ADIK PESERTA KEGIATAN YANG KAKAK SAYANGI,

SANGATLAH TEPAT DALAM PERKEMAHAN PERINGATAN HARI PRAMUKA KE 51 INI TELAH DITETAPKAN TEMA “YAKIN BISA, YAKIN UNGGUL”. DENGAN TEMA TERSEBUT SECARA OPTIMIS GERAKAN PRAMUKA AKAN BERUPAYA UNTUK MANDIRI, BERANI DAN PERCAYA DIRI YANG PADA GILIRANNYA AKAN MENCIPTAKAN GENERASI-GENARASI MUDA YANG TANGGUH, BIBIT-BIBIT UNGGUL DI MASA DEPAN DALAM RANGKA MENYONGSONG INDONESIA MENJADI LEBIH BAIK.

TAHUN INI, ADALAH MOMENTUM YANG TEPAT UNTUK MENGGELORAKAN SEMANGAT TRI SATYA DAN DASA DARMA PRAMUKA YAITU NILAI-NILAI LUHUR YANG MENJUNJUNG TINGGI KEIMANAN, KEJUJURAN, CINTA TANAH AIR, KASIH SAYANG SESAMA MAKHLUK, TOLONG MENOLONG DAN GOTONG ROYONG, BERTANGGUNG JAWAB, KEDISIPLINAN, HORMAT KEPADA ORANG TUA, KESEDERHANAAN, SUCI DALAM PIKIRAN, PERKATAAN DAN PERBUATAN. KARENA PADA SAAT INI HARUS DIAKUI BANYAK PERISTIWA YANG TERJADI DI SEKELILING KITA YANG BERPOTENSI DAPAT MEMEROSOTKAN AKHLAK GENERASI MUDA DAN BERPOTENSI TERHAMBATNYA PEMBENTUKAN KARAKTER KAUM MUDA.

DENGAN PERASAAAN KHAWATIR DAN CEMAS, KITA MENGIKUTI DI MEDIA MASSA PELBAGAI BERITA TENTANG KEJAHATAN, KORUPSI, KEKERASAN, TAWURAN DAN KRIMINALITAS SERTA BERBAGAI KEJADIAN YANG DAPAT MENGANCAM MASA DEPAN SERTA MELEMAHKAN MODAL SOSIAL BANGSA YANG HIDUP DALAM BINGKAI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (NKRI). NAMUN BUKAN BERARTI ANGGOTA PRAMUKA KHUSUSNYA TERBAWA ARUS PERGAULAN YANG NEGATIF, JUSTRU PRAMUKA HARUS BISA MEMBUKTIKAN BAHWA ANGGOTA PRAMUKA ADALAH BIBIT-BIBIT UNGGUL PENERUS PERJUANGAN BANGSA YANG BISA BELAJAR DARI PARA PAHLAWAN KITA. KARENA BANGSA KITA  ADALAH BANGSA YANG BESAR. BANGSA YANG TANGGUH DALAM MENGHADAPI TANTANGAN, DAN BANGSA YANG SELALU OPTIMIS, SERTA MAMPU BERADAPTASI DENGAN PERUBAHAN ZAMAN.

ADIK-ADIK PESERTA KEGIATAN YANG BERBAHAGIA,

ADIK-ADIK TELAH TEPAT MEMILIH GERAKAN PRAMUKA SEBAGAI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER DI SEKOLAH, KARENA MENGIKUTI SEKOLAH FORMAL SAJA TIDAK CUKUP MENGINGAT SANGAT TERBATAS WAKTU UNTUK MEMPELAJARI BERBAGAI ASPEK MORAL DAN ETIKA SERTA KETRAMPILAN YANG AKAN MENJADI BEKAL HIDUP KELAK DIKEMUDIAN HARI. UNTUK HASIL YANG OPTIMAL DALAM PEMBENTUKAN WATAK, KEPRIBADIAN DAN AKHLAK MULIA, ADIK-ADIK PERLU MENAMBAH DAN MENINGKATKAN WAWASAN SERTA PEMAHAMAN ANTARA LAIN DENGAN MENGIKUTI PENDIDIKAN NILAI-NILAI MELALUI GERAKAN PRAMUKA. PADA KESEMPATAN YANG BERBAHAGIA INI, PERKENANKANLAH PULA SAYA MENGAJAK KAKAK-KAKAK ANGGOTA DEWASA GERAKAN PRAMUKA UNTUK LEBIH MERAPATKAN BARISAN DAN MENYATUKAN GERAK LANGKAH UNTUK PERCEPATAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KAUM MUDA INDONESIA. TANPA BANTUAN BAPAK-BAPAK/IBU-IBU SEMUA, TIDAK MUNGKIN REVITALISASI GERAKAN PRAMUKA DAPAT DILAKSANAKAN. AKHIRNYA SEMOGA UPAYA YANG KITA LAKUKAN SENANTIASA MENDAPATKAN RIDHO TUHAN YANG MAHA PENGASIH. SEMOGA TELAH BANYAK PENGALAMAN YANG KALIAN PEROLEH SETELAH MENGIKUTI KEGIATAN LT-II, SEHINGGA MENDAPAT KENANGAN SELAMA HIDUP YANG TIDAK AKAN TERULANG KEMBALI DAN MELUPAKAN SEMUA YANG TIDAK BERKENAN DI HATI. JIKA KALIAN KEMBALI KE RUMAH MASING-MASING, SAMPAIKAN SALAM SAYA UNTUK AYAH, BUNDA, PEMBINA, GURU, SERTA PIMPINAN GUGUSDEPAN.

KAKAK-KAKAK DAN ADIK-ADIK YANG SAYA CINTAI, PADA KESEMPATAN KALI INI PERKENANKANLAH SAYA ATAS NAMA MAJELIS PEMBIMBING RANTING GERAKAN PRAMUKA CIMALAKA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA SEMUA PIHAK YANG TELAH BANYAK MEMBERIKAN BANTUAN BAGI PERKEMBANGAN DAN KEMAJUAN GERAKAN PRAMUKA.

UCAPAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN YANG TINGGI, ATAS JASA-JASA, PENGABDIAN, DAN KERJASAMA PARA MABIGUS, PELATIH, PEMBINA, PANITIA DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS GERAKAN PRAMUKA DI KWARRAN CIMALAKA INI.

TIDAK LUPA PULA KAKAK SAMPAIKAN UCAPAN SELAMAT KEPADA ADIK-ADIK YANG MENJADI PEMENANG DALAM LOMBA TINGKAT II INI. BAGI YANG PRESTASINYA BELUM MENCAPAI APA YANG DIHARAPKAN, JANGANLAH BERKECIL HATI. TERUSLAH BERJUANG DAN BELAJAR LEBIH GIAT LAGI DALAM MEMPELAJARI MATERI-MATERI KEPRAMUKAAN. TERUSLAH BERJUANG DAN MENGIKUTI BERBAGAI KEGIATAN PRAMUKA. NISCAYA APA YANG MENJADI HARAPAN ADIK-ADIK PESERTA NANTINYA AKAN DAPAT MENJADI KENYATAAN.

AKHIRNYA, DENGAN UCAPAN ALHAMDULILLAHIROBBIL’ALAMIN KEGIATAN RAIMUNA X DAN LOMBA TINGKAT II KWARTIR RANTING GERAKAN PRAMUKA CIMALAKA TAHUN 2012 DENGAN INI RESMI SAYA TUTUP.

WASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI

WABARAKATUH, SALAM PRAMUKA

 

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s