PETUNJUK TEKNIS RAIMUNA DAN LOKANIRA TINGKAT RANTING CIMALAKA TAHUN 2012


PETUNJUK TEKNIS

RAIMUNA DAN LOKANIRA TINGKAT RANTING CIMALAKA

TAHUN 2012

 

I. PENDAHULUAN

RAIMUNA DAN LOKANIRA merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan kader bangsa yang memiliki kepribadian dan kepemimpinan yang berjiwa Pancasila, disiplin, sehat mental, moral, fisiknya, berjiwa patriot, mampu berkarya dengan semangat kemandirian, peduli dan berkomitmen terhadap Kode Kehormatan Pramuka.  RAIMUNA DAN LOKANIRATingkat Ranting Cimalaka Tahun 2012 (RALOKA 2012) Lokanira dilaksanakan pada  tanggal 308 September 2012 tersebar dimasing-masing gudep. Raimuna diselenggarakan di Bumi Perkemahan Cipanteuneun 21-23 September 2012.

Kehidupan dalam perkemahan RALOKA 2012 dibungkus dalam kiasan romantika Pramuka Penegak yang sedang berlomba mencari prestasi untuk membangun sebuah DESA TELADAN. Narasi sebagai berikut :

“ RAIMUNA DAN LOKANIRATingkat Ranting Cimalaka Tahun 2012 atau RALOKA2012 diselenggarakan dalam bentuk perkemahan yang disimulasikan sebagai desa teladan dengan penduduk yang beraneka ragam suku, ras, agama dan budayanya namun mampu hidup rukun bersatu, aman, nyaman dan sejahtera serta menjunjung tinggi kode kehormatan pramuka sebagai landasan perilaku kehidupan sehari-harinya.

Penduduknya terbagi menjadi tiga kelompok besar yaitu; aparat desa (panitia), warga dewasa (pembina pendamping), dan warga muda (pramuka Penegak).

Desa teladan adalah desa yang bersih, indah dan sehat mempunyai visi. ”terbentuknya seluruh warga desa yang memiliki keteladanan.” misi utamanya adalah mengembangkan potensi diri warga desanya agar mampu menjadi teladan dalam suatu bidang kehidupan. untuk mewujudkan hal tersebut aparat desa teladan menggelar kompetisi yang sehat, menarik, menantang dan menyenangkan bagi warganya dalam suasana persaudaraan dan jiwa persatuan yang kokoh. Aparat desa berlomba-lomba untuk menjadi pamong desa yang jujur, disiplin, tegas, dan bertanggungjawab serta bijaksana dalam melaksanakan tugasnya. warga dewasa berlomba-lomba menjadi orangtua/kakak yang patut menjadi panutan bagi anak-anak/adik-adiknya dan meningkatkan kemampuan dirinya agar dapat mengantarkan mereka ke masa depan yang lebih gemilang sebagai pemenuhan ikrarnya .

Warga muda berlomba; lomba dengan jiwa kesatria meraih prestasi yang dapat dijadikan teladan bagi teman-temannya berbekalkan hasil pembinaan kakak-kakaknya di gugus depan. kemenangan bukan tujuan utama apalagi kemenangan yang diraih dengan menghalalkan segala cara tetapi yang utama adalah mengetahui sejauh mana kemampuan dirinya.

Prestasi keteladanan yang diketengahkan meliputi; penghayatan dan pengamalan kode kehormatan pramuka (imtak), kepedulian, berbagai keterampilan (iptek), bela negara, kepemimpinan dan seni budaya bangsa.

Raihlah prestasi keteladan sebanyak-banyaknya dengan doa dan kerja keras agar kalian dapat menjadi duta desa teladan yang sangat dibanggakan yaitu putra terbaik bangsa pelestari NKRI yang bertanggungjawab dan mandiri”.

 

Sebagai pedoman pelaksanaan RALOKA2012 tersebut telah dikeluarkan Petunjuk Pelaksanaan dan untuk panduan operasional di lapangan perlu diterbitkan Petunjuk Teknis Kegiatan RALOKA 2012, agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

 

II. TUJUAN

Petunjuk Teknis ini bertujuan untuk menjadi acuan pelaksanaan kegiatan RALOKA2012 bagi panitia dan peserta agar dapat berlangsung dengan baik, lancar dan aman.

 

III. PERSYARATAN PESERTA

  1. Pramuka Penegak yang berada di Gudep wilayah Cimalaka sehat jasmani dan rohani.
  2. Mendapat ijin dari orangtua/wali, Pembina dan ketua mabigus
  3. Terdaftar di Panitia dengan mengisi biodata peserta
  4. Membayar kontribusi kegiatan sebesar Rp. 45.000 untuk:
    1. Kaos Peserta                                                      Rp. 30.000,-
    2. Biaya Kegiatan                                                   Rp. 10.000,-
    3. Cam fee, kesehatan, keamanan.                   Rp.   5.000,-

Jumlah                      Rp. 45.000,-*)

*) Hasil Rapat Mabigus dan Pengurus Kwarran Tanggal 3 Agustus 2012

  1. 1 Sangga terdiri dari 10 orang
  2. Setiap anggota Sangga membawa:
    1. Pakaian pramuka lengkap
    2. Sepatu dan kaos kaki
    3. Pakaian ganti
    4. Kaos kegiatan
    5. Perlengkapan sholat, mandi, makan.
    6. Alat tulis
    7. Obat pribadi
    8. Alat tidur ( alas tidur, selimut ( slepping bag) jaket, sweter)
    9. Sandal

 

  1. Setiap Sangga diwajibkan membawa:
    1. Konsumsi selama 3 hari
    2. Tenda dan perlengkapannya ( Gapura, bendera, Spanduk, Pagar, hiasan dll)
    3. Gergaji, cangkul, sabit, parang, linggis.
    4. Alat masak lengkap
    5. Kantong ( karung) sampah 6 buah
    6. Tempat air
    7. Perlengkapan listrik ( kabel, lampu, terminal, dll)

 

IV. KEGIATAN

Kegiatan RALOKA2012 terdiri atas kegiatan anggota muda dalam bentuk lomba dan kegiatan anggota dewasa dalam bentuk lokakarya, yang dirinci sebagai berikut:

 

 

  1. A.           KEGIATAN ANGGOTA MUDA

Hari Rabu dan Kamis

Pembuatan Tapak Perkemahan

Hari Pertama

Hari ke 1

1. Nama Kegiatan : Daftar  Ulang

Tujuan : Meningkatkan kemampuan tertib administrasi Sangga, menanamkan disiplin, kemandirian dan kerjasama.

Waktu                         :  Jumat, 21 September 2012, pukul 07.00 s.d 09.00 WIB.

Tempat                       : Aula Desa Licin

Peserta                      : Seluruh peserta

Pakaian                     : Seragam Pramuka

Proses & Prosedur : Pemimpin  Sangga dan Wakil Pemimpin Sanga menyerahkan:

  1. Format biodata
  2. Kuitansi pendaftaran

Peserta menerima kaos 23 buah untuk 20 peserta 2 pembina dan 1 mabigus

 

2. Nama kegiatan : Upacara Pembukaan

Tujuan : Menyatukan kebulatan tekad untuk menyukseskan kegiatan RALOKA tahun 2012

Waktu                         :Jumat , 21 September  2012, pukul : 09.00 s.d. 10.00 WIB

Tempat                       : Lapangan upacara

Peserta                      : Seluruh Sangga peserta RALOKA 2012

Pakaian                     : Seragam Pramuka

Proses dan prosedur : Partisipasi aktif mengikuti proses upacara pembukaan dengan disiplin dan tanggungjawab serta komitmen.

Perlengkapan Peserta : Tongkat

Penanggungjawab             : Bidang Protokol

3. Penyuluhan pelestarian lingkungan

Waktu                         :Jumat , 21 September  2012, pukul : 13.00 s.d. 15.00 WIB

Tempat                       : Lurah Putra

Peserta                      : 4 Orang

Pakaian                     : Seragam Pramuka

 

2. Penyuluhan koperasi

Waktu                         :Jumat , 21 September  2012, pukul : 13.00 s.d. 15.00 WIB

Tempat                       : Lurah Putri

Peserta                      : 4 Orang

Pakaian                     : Seragam Pramuka

 

2. Penyuluhan Pemuda

Waktu                         :Jumat , 21 September  2012, pukul : 19.30 s.d. 22.00 WIB

Tempat                       : Aula Desa Licin

Peserta                      : 6 Orang

Pakaian                     : Seragam Pramuka

 

Hari Kedua

  1. Seminar Satuan Karya Pramuka Pencak Silat
    1. Waktu             : Sabtu, 22 September  2012, pukul : 08.00 s.d. 13.00 WIB
    2. Tempat           : Aula Desa Licin
    3. Peserta           : 6 Orang
    4. Pakaian         : Seragam Pramuka
    5. Petualangan gunung tampomas
      1. Waktu             : Sabtu, 22 September  2012, pukul : 06.00 s.d. 17.30 WIB
      2. Tempat           : Gn. Tampomas
      3. Peserta           : 3 Orang
      4. Pakaian         : Seragam Petuangan

 

  1. Malam seni satria srikandi malaka muda
    1. Waktu             : Sabtu, 22 September  2012, pukul : 19.30 s.d. 22.00 WIB
    2. Tempat           : Panggung Utama waktu 10 menit
    3. Peserta           : 5-7 orang
    4. Pakaian         : Seragam Seni

 

 

Hari Ke 3

1. Nama Kegiatan : Karnaval

Tujuan : Meningkatkan pengetahuan dan pengalaman peserta di bidang budaya nusantara.

Waktu : Minggu, 23 September  2012, pukul 08.00-10.00 WIB

Tempat : Lingkungan Buper ( Cipanteuneun, Puskesmas, Kojengkang, Buper)

Peserta : 8 orang setiap Sangga ( bersatu PA dan PI)

Pakaian : Pakaian karnaval,

Proses & Prosedur :

Tema karnaval: “Pramuka Sebagai Kader Bangsa”

Perlengkapan Peserta : Pakaian karnaval, spanduk, bendera, alat musik dll.

Aspek Penilaian : Kesesuaian dengan tema, kreativitas dan narasi karnaval

Penanggungjawab : Bidang Kegiatan Seksi Seni dan Budaya Bangsa

 

Nama kegiatan : Upacara Penutupan

Tujuan : Meningkatkan persatuan dan persaudaraan

Waktu :Minggu, 23 September  2012, pukul : 11.00 s.d. 12.00 WIB

Tempat : Lapangan

Peserta : Seluruh Sangga peserta RALOKA 2012

Pakaian : Seragam Pramuka

Perlengkapan Peserta : Tongkat dan bendera Sangga

Penanggungjawab : Bidang Protokol

 

B. KEGIATAN ANGGOTA DEWASA

1. Nama kegiatan : Sosialisasi UU Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka

Tujuan : Peserta dapat menambah wawasan dan pengalaman tentang teknik membina Penggalang khususnya dan membina anggota Gerakan Pramuka pada umumnya.

Waktu : Jumat, 21 September 2012

Tempat : Kelurahan PI

Peserta : Seluruh Pembina Pendamping.

Pakaian : Seragam Pramuka

 

 

 

 

 

 

V. PERKEMAHAN

 

A. Perkemahan RALOKA 2012

1. Perkemahan RALOKA 2012 adalah perkemahan pramuka yang sehat, menyenangkan, mengesankan, nyaman, sopan, bersih, teratur dan tertib serta membuat penghuninya dan pengunjung merasa aman, yang dibungkus dengan kiasan sebuah desa teladan.

2. Perkemahan RALOKA 2012 adalah perkemahan pramuka peserta RALOKA 2012 tempat membina dan mengembangkan sikap dan perilaku yang berlandaskan Kode Kehormatan Pramuka, persaudaraan, persahabatan, persatuan dan kesatuan bangsa, kegotong-royongan, rasa kepedulian sosial, cinta alam sekitarnya, disiplin dan kreatif.

3. Peserta RALOKA 2012 harus mempunyai rasa memiliki terhadap perkemahan RALOKA 2012 dan dengan penuh kesadaran wajib memelihara, menjaga dan menertibkan kondisi serta fasilitasnya. Tata tertib perkemahan harus ditaati oleh penghuni dengan penuh kesadaran.

4. Pengelompokan perkemahan RALOKA 2012.

 

5. Perkemahan Induk (Kemin) RALOKA 2012 bertempat di Lapangan Utama

1) Seluruh peserta RALOKA 2012 menjadi warga Perkemahan Induk RALOKA 2012 yang dipimpin oleh Pembina Perkemahan Induk (Binkemin), dibantu oleh staf.

2) Perkemahan Induk terdiri atas Perkemahan Putera (Kempa) yang dipimpin oleh Pembina Perkemahan Putera (Binkempa), Perkemahan Puteri (Kempi) yang dipimpin oleh Pembina Perkemahan Puteri (Binkempi).

 

 

B. Tata Tertib Perkemahan RALOKA 2012.

1. Tata tertib perkemahan RALOKA 2012 merupakan aturan untuk membina dan mengembangkan sikap disiplin pramuka.

2. Patuh terhadap tata tertib perkemahan RALOKA 2012 merupakan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka, karena itu bagi seorang pramuka merupakan suatu kewajiban yang dilandasi kesadaran pribadi.

3. Pelanggaran terhadap tata tertib perkemahan RALOKA 2012 dikenakan sanksi dengan cara pengurangan nilai.

4. Tata tertib perkemahan RALOKA 2012 adalah sebagai berikut :

a. Peserta lomba wajib mengamalkan satya dan darma pramuka dalam kehidupan sehari hari diperkemahan RALOKA 2012.

b. Peserta lomba wajib berpakaian seragam pramuka pada acara pembukaan dan penutupan serta kegiatan lain yang telah ditetapkan.

c. Peserta yang terganggu kesehatannya segera lapor kepada Pembina Pasukannya.

d. Peserta lomba wajib hadir di tempat kegiatan lima (5) menit sebelum kegiatan dimulai.

e. Peserta lomba wajib menjaga keamanan dan kebersihan dalam perkemahan.

f. Peserta lomba dapat menitipkan perhiasan dan barang berharga lainnya kepada Pembina Pendamping.

g. Peserta lomba selama mengikuti kegiatan tidak diperkenankan memakai perhiasan dan barang berharga lainnya.

h. Jam kunjungan pukul 12.00 sampai dengan pukul 13.30 WIB di Binkemin.

 

 

 

VII. PENUTUP

Demikian Petunjuk Teknis RALOKA Tingkat Ranting Cimalaka Tahun 2012 disusun untuk dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab oleh yang berkepentingan.

 

Semoga sukses.

 

Cimalaka, 4 Agustus 2012

Kwartir Ranting Gerakan Pramuka

Ketua,

 

 

 

 

Ismail Farid, S.Pd, MPd.I

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1                                                                                       

DAFTAR PESERTA

KEGIATAN RAIMUNA DAN LOKANIRA

KWARTIR RANTING GERAKAN PRAMUKA CIMALAKA

TAHUN 2012

SANGGA PUTRA

SANGGA PUTRI

PEMBINA            :

PEMBINA            :

NAMA SANGGA:

NAMA SANGGA      :

KETUA SANGGA:

KETUA SANGGA    :

ANGGOTA          :

ANGGOTA          :

1

1

2

2

3

3

4

4

5

5

6

6

7

7

8

8

9

9

                                                                       

Cimalaka_______________________2012

Ketua Mabigus,

 

 

 

__________________________________

Nama, Tanda Tangan, Cap Gudep/Sekolah

           

Format ini paling lambat tanggal 5 September 2012 dilengkapi uang pendaftaran, biodata peserta dan Pembina.


 

BIODATA PEMBINA PENDAMPING KEGIATAN RALOKA

KWARTIR RANTING CIMALAKA

TAHUN 2012

 

  1. DATA DIRI

1. NAMA        : _______________________________________________

2. TTL             : _______________________________________________

3. ALAMAT    : _______________________________________________

  _______________________________________________

 

4. NO HP       : _______________________________________________

 

5. HOBY        : _______________________________________________

6. Nama

    Sekolah yang dibina___________________________________________

 

  1. RIWAYAT PENDIDIKAN

1. SD__________________________________TAHUN LULUS________

2. SLTP_________________________________TAHUN LULUS________

3. SLTA_________________________________TAHUN LULUS________

4. S1___________________________________TAHUN LULUS________

5. S2___________________________________TAHUN LULUS________

 

C. PENGALAMAN IKUT SERTA KEGIATAN

1.__________________________________________________________

2. _________________________________________________________

3.__________________________________________________________

4.__________________________________________________________

 

                                                                  _____________________2012

                                                                  Pengisi,

 

 

                                                                  _________________________

 

 

Ditulis tangan oleh peserta

 

 

BIODATA PESERTA RALOKA

KWARTIR RANTING CIMALAKA

TAHUN 2012

 

  1. DATA DIRI

1. NAMA        : _______________________________________________

2. TTL             : _______________________________________________

3. ALAMAT    : _______________________________________________

  _______________________________________________

 

4. NO HP       : _______________________________________________

 

5. HOBY        : _______________________________________________

 

  1. RIWAYAT PENDIDIKAN

1. SD_________________________________            TAHUN LULUS________

2. SMP/MTS  __________________________TAHUN LULUS________

3. SMP/MTS  __________________________TAHUN LULUS________

  1. PRESTASI AKADEMIK

1.__________________________________________________________

2. _________________________________________________________

3. _________________________________________________________

 

  1. PRESTASI EKSTRAKURIKULER

1.__________________________________________________________

2.__________________________________________________________

3.__________________________________________________________

 

  1. PENGALAMAN IKUT SERTA KEGIATAN

1.__________________________________________________________

2. _________________________________________________________

3.__________________________________________________________

4.__________________________________________________________

                                                                  _____________________2012

                                                                  Pengisi,

 

                                                                  _________________________

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s